Selasa, 21 Maret 2017



4 Sehat 5 Sempurna

Sejak kecil kita diajari disekolah istilah makanan 4 sehat 5 sempurna yang menjelaskan kandungan gizi ideal manusia. Makanan 4 sehat terdiri nasi, lauk pauk, sayur-sayuran, dan buah-buahan 5 sempurnanya adalah susu. Nasi merupakan sumber karbohidrat, lauk pauk sebagai protein, sayuran minaral dan buaha-buahan sebagai vitamin.


Yang termasuk dalam pola serta manfaat gizi makanan 4sehat 5sempurna adalah sebagai berikut :
1.   
                      1. Makanan pokok
merupakan makanan yang mengandung zat karbohidrat yang berguna sebagai sumber tenaga pada tubuh kita supaya dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Beberapa contoh makanan pokok adalah nasi, kentang, umbi-umbian, gandum, tepung terigu, oat dan jagung.Nasi adalah sumber karbohidrat bagi tubuh manusia, nasimengandung gula yang berfungsi menjadi sumber energi bagi tubuh.
2.            
             2. Lauk pauk
 Merupakan makanan yang mengandung zat protein yang memiliki fungsi membentuk sistem imun dan menyeimbangkan kerja hormon. Contoh lauk pauk adalah tahu, tempet, telur, ikan, daging dan lain-lain.

3.    Sayur-sayuran
 Sayur sayuran memiliki zat yang dapat memenuhi kebutuhan zat pengatur dalam tubuh kita.  Zat pengatur berguna untuk  mengatur tindakan yang ingin kita lakukanKandungan gizi sayur-sayuran adalah MINERAL & SERAT
Sayur-sayuran yang baik bagi tubuh adalah sayuran yang berwarna hijau, karena banyak mengandung zat klorofil yang berfungsi sebagai antidioksidan dan mempengaruhi sistem imun. Selain itu sayur- sayuran hijau juga banyak mengandung Sulfarophane, isothiocynate. Fungsi kedua zat ini adalah meransang komponen pemecah unsur kimia penyebab kanker. . Berikut ini adalah sayuran yang baik untuk di konsumsi yaitu bayam, kangkung, labu siam, kacang pajang, kol, buncis, tomat,sawi,wortel dan brokoli.
4.    Buah-buahan
Buah-buahan biasa digunakan sebagai pencuci mulut setelah kita selesai memakan makanan berat seperti nasi.Fungsidari buah-buahan sebenarnya hampir sama dengan sayur – sayuran yaitu melengkapi kebutuhan zat pengatur pada tubuh  manusia. Banyak buah yang dapat dikonsumsi seperti: jeruk, apel, manggis, markisa, pepaya, manggis, pisang, salak pondoh, durian dan berbagai macam buah lain yang dapat dikonsumsi.
      5. Susu
Susu berasal dari sumber protein hewani, fungsinya sangat baik bagi pertumbuhan tulang dan meningkatkan energi. Selain susu dari protein hewani, juga ada susu dari protein nabati yakni susu kedelai. Untuk menyempurnakan makanan 4 sehat 5 sempurna maka kita perlu meminumnya walaupun tidak ada kewajiban untuk mengkonsumsisusu.

Itulah ke 5 jenis makanan yang terkandung dalam 4 sehat 5 sempurna.
Makanan-makanan tersebut harus kita konsumsi untuk dapat memenuhi keperluan gizikita  .Pastikan ke 5 jenis makanan tersebut ada pada menu makan kita dan keluarga sehari-harinya guna membuat tubuh tetap sehat dan tidak kekurangan gizi.

19 komentar:

  1. terimakasih ini sangat bermanfaat ..

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. bermanfaat sekali, terima kasih

    BalasHapus
  4. Menarik bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

    BalasHapus
  5. terimakasih ini sangat bermanfaat..dan yang posting juga terapkan ya ;)

    BalasHapus
  6. Wah infonya bagus sekali, dengan 4 sehat 5 sempurna kita lebih bisa menjaga pola makan kita...

    Makasih Kak :)

    BalasHapus
  7. makanan 4 sehat 5 sempurna sangatlah penting bagi kita dan terima kasih informasinya kak dari blog ini saya lebih tau lagi mengenai makanan 4 sehat 5 sempurna.

    BalasHapus
  8. Sangat bermanfaat informasinya

    BalasHapus
  9. Sangat bermanfaat informasinya

    BalasHapus
  10. Dapat diterapkan dikehidupan sehari hari. Terimakasih infonya kak.:)

    BalasHapus
  11. sangat bermanfaat, terimakasih infonya ;)

    BalasHapus
  12. 4 sehat 5 sempurna memang penting
    Bisa diterapkan, terimakasih infonya :)

    BalasHapus
  13. sangat bermanfaat sekali, terimakasih infonya

    BalasHapus